180px-USB_Front_Port

Universal Serial Bus (USB) adalah sebuah serial bus standar untuk menghubungkan perangkat ke komputer host. USB dirancang untuk memungkinkan banyak peripheral untuk dihubungkan dengan sebuah interface socket standar dan untuk meningkatkan plug and play oleh kemampuan membuat panas swapping; yaitu oleh memungkinkan perangkat untuk dihubungkan dan diputus tanpa rebooting komputer atau mematikan perangkat. Nyaman fitur lainnya termasuk memberikan kuasa untuk rendah konsumsi perangkat, menghilangkan perlunya eksternal listrik dan memungkinkan banyak perangkat yang akan digunakan tanpa memerlukan pabrik khusus perangkat driver untuk diinstal.

USB ditujukan untuk mengganti banyak jenis serial dan port paralel. USB dapat menghubungkan peripheral komputer seperti mouse, keyboard, PDA, gamepads dan joysticks, Scanners, kamera digital, printer, personal pemutar media, flash drive, dan hard drive eksternal. Bagi banyak orang-orang perangkat, USB telah menjadi standar metode koneksi. USB dirancang untuk komputer pribadi, tetapi telah menjadi biasa pada perangkat lain seperti PDA dan konsol permainan video, dan sebagai daya kabelnya antara perangkat dan adaptor AC terpasang ke sebuah steker untuk pengisian. Pada 2008 ada sekitar 2 miliar perangkat USB yang dijual per tahun, dan sekitar 6 miliar total dijual ke tanggal. [1]

Desain USB adalah standar oleh USB pelaksana Forum (USB-IF), sebuah standar industri tubuh termasuk perusahaan terkemuka dari industri komputer dan elektronik. Terkemuka anggota termasuk Agere (kini bergabung dengan LSI Corporation), Apple Inc, Hewlett-Packard, Intel, Microsoft dan NEC.