250px-Serial_port

Dalam komputasi, sebuah port serial adalah serial komunikasi melalui antarmuka fisik yang transfer informasi atau memperkecil satu bit pada satu waktu (kontras paralel port). [1] Di sepanjang sebagian besar sejarah komputer, transfer data melalui serial port terhubung dengan komputer ke perangkat seperti terminal dan berbagai periferal.

Meskipun demikian sebagai antarmuka Ethernet, FireWire dan USB semua mengirim data sebagai serial streaming, istilah “port serial” biasanya mengidentifikasi hardware lebih kurang sesuai dengan RS-232 standar, untuk antarmuka dengan modem atau yang mirip dengan perangkat komunikasi .

Untuk digunakan untuk menghubungkan perangkat pinggiran, yang sebagian besar memiliki port serial telah diganti dengan USB dan Firewire. Untuk jaringan, telah diganti dengan Ethernet. Untuk penggunaan dengan konsol terminal (dan kemudian grafis) ia digantikan oleh panjang lalu MDA kemudian VGA. Meskipun hampir setiap server memiliki port serial konektor, paling tidak poweruser workstation laptop dan tidak memiliki satu kabel ecek karena merupakan warisan port, dan untuk sebagian besar menggunakan superseded. Serial port yang umumnya masih digunakan dalam aplikasi seperti warisan industri otomatisasi sistem, analisis ilmiah, toko sampai beberapa sistem dan produk-produk industri dan konsumen. Peralatan jaringan (seperti router dan aktif) sering menggunakan konsol serial untuk konfigurasi. Serial port masih digunakan di daerah-daerah tersebut karena mudah, murah dan fungsi mereka konsol (RS-232) sangat standar dan meluas.

Sebagian besar sistem komputer yang memiliki port serial, tetapi harus secara manual biasanya wired dan kadang-kadang tidak ada pin yang diproduksi dalam versi.